Google Adwords & Adwords Express, Serupa Tapi Tak Sama

adwords express

Google Adwords dan Adwords Express, sama-sama platform Google untuk beriklan. Serupa sih, tapi tidak sama. Lho kok bisa?

Adwords Express ternyata adalah produk turunan atau produk hasil pengembangan Google Adwords. Adwords Express yang diluncurkan pada tahun 2011, sebelas tahun setelah peluncuran Google Adwords, merupakan hasil penyederhanaan Google Adwords.

Pada dasarnya, fungsi dari Google Adwords dan Adwords Express itu sama. Yaitu untuk beriklan di Google dan semua jaringannya.

Tidak berbeda dengan pendahulunya, Adwords Express masih tetap bisa kamu gunakan untuk memasang iklan di Google Search, Google Maps, Gmail dan berbagai situs lain yang menjalin kerjasama dengan Google.

Sekarang yang menjadi pertanyaan, perbedaan signifikan yang dimiliki oleh Google Adwords dan Adwords Express itu apa? Apakah kita bisa menggunakan kedua akun ini secara bersamaan ataukah harus bisa memilih salah satu?

Perbedaan mendasar Google Adwords dan Adwords Express

Jika di Google Adwords kita bisa lebih leluasa dalam mengatur periklanan kita, di Adwords Express semuanya dipersimpel dan disederhanakan.

Dengan Adwords Express kita juga tidak perlu melakukan daily management.

Cara beriklannya pun mudah. Kamu hanya perlu menentukan judul iklan (bisnis apa yang kamu geluti), menuliskan situs bisnis kamu, nomer telepon, dan keterangan iklan. Dalam keterangan ini, kamu bisa mengisinya dengan kalimat ajakan, atau hal-hal yang menarik pengunjung seperti diskon dan lain-lain.

Setelah selesai mensetting bagian ini, kamu tinggal menentukan budget yang ingin kamu keluarkan untuk iklan ini. Uang yang kamu anggarkan akan sangat berpengaruh pada jangkauan iklan ini. Dan selesai.

Cara beriklan yang sangat simple dan tidak memerlukan banyak pengaturan ini sangat berguna bagi para pelaku UKM. Para pelaku UKM yang tidak memiliki banyak waktu untuk membuat iklan secara rumit, bisa memanfaatkan Adwords Express ini.

Tapi ya itu tadi, Adwords Express ini hanya bisa menarget sesuai jenis bisnis yang kamu jalankan. Jadi saat orang memasukan keyword yang sesuai dengan bisnis mu, iklan yang sudah kamu buat di Adwords Express ini akan muncul.

Selain itu, iklan dari Adwords Express ini juga berupa text. Sebenarnya cukup efektif, tapi memang agak kurang menarik. Maka dari itu, ini cocok untuk para pelaku UKM.

Pembiayaan iklan di Adwords Express ini juga hampir sama dengan Google Adwords. Kamu harus melakukan deposito di akun Adwords Express dengan mentransfer sejumlah uang. Pemotongan biaya iklan ini akan dilakukan saat ada orang yang berinteraksi dengan iklanmu.

Jadi bagaimanapun, ini masih cukup efektif. Dan akan sangat bermanfaat bagi para pelaku UKM.

Tapi untuk kamu yang memiliki perusahan besar dan sudah cukup mapan, Google Adwords tetap direkomendasikan. Kelebihan Google Adwords yang bisa menarget pasar dengan lebih kompleks, tidak dimiliki oleh Adwords Express.

Dengan Google Adwords, kamu bisa memilih keyword mu sendiri yang cocok untuk menarget pasar dari bisnismu. Kamu juga diberi keleluasaan dalam mengelola akun. Kamu bahkan bisa membuat iklan dengan format khusus dan pelaporan yang sangat mendetail.

Intinya, jika dengan Google Adwords, kamu bertanggung jawab penuh dengan kampanye iklan yang kamu buat. Hal ini memang cukup ribet, maka dari itu, hal ini lebih cocok untuk sebuah perusahaan.

Nah, iklan yang berupa banner-banner itu termasuk hasil iklan dari Google Adwords.

Google Adwords dan Adwords Express Apakah Bisa Digunakan Secara Bersamaan?

Pihak Google sangat tidak menyarankan untuk menggunakan fasilitas ini secara bersamaan. Menggunakannya secara bersamaan akan sangat mempersulit kamu dalam mengelola iklan. Jadi disarankan kamu untuk memilih salah satu.

Kamu bisa lebih dulu menganalisa kebutuhan iklan untuk bisnismu. Setelah itu kamu bisa memilih salah satu dari fasilitas ini sebagai pilihan terbaik dalam beriklan.

Jadi bagaimana, apakah kamu sudah cukup tercerahkan? Pilihan ada ditangan kamu, kamu bisa memilih antara Adwords Express atau Google Adwords.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*